Rabu, 08 Oktober 2014

Apa perbedaan dari rumusan-rumusan pancasila yang diusulkan oleh tokoh-tokoh pada saat perumusan Pancasila dengan Pancasila yang berlaku pada saat ini?



1.     Pertanyaan dari Deny Arya Wiranata:
Kapan pancasila menjadi rumusan yang definitif?
Jawab:
       pancasila menjadi rumusan yang Definitif di sah kan pada tanggal 18 Agustus 1945,yang telah di sepekati oleh PPKI dan rumusan yang Definitif itu terdapat dalam Pembukaan UUD 1945.

2.    Pertanyaan dari Gabriel Prisanjaya:
Apa yang di maksud dengan Teokrasi islam?
Jawab:
      Teokrasi islam adalah teori yang mengajarkan islam secara berdemokrasi artinya dapat di katakan bahwa islam merupakan paham yang di jadikan panutan untuk berdemokrasi di indonesia

3.    Pertanyaan dari Muhammad Ridha:
Apa arti rumusan pancasila yang definitif dan apa manfaatnya?
Jawab:
A)  .  arti rumusan pancasila yang definitif adalah rumusan yang sah sebagai dasar Negara Republik Indonsia yang telah di sepakati oleh PPKI dan tidak dapat di ganti atau di ganggu gugat oleh siapa pun.adapun rumusan naskah pancasila tersebut adalah seebagai berikut:
1)      .Ketuhanan Yang Maha Esa,
2)     .Kemanusiaan yang adil dan beradab,
3)     .Persatuan Indonesia,
4)     .Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam  permusyawaratan/perwakilan,
5)     .Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

B)   . Manfaat dari pancasila sebagai rumusan Definitif adalah sebagai patokan untuk menilai manakah penafsiran yang sehat dan manakah penafsiran yang tidak sehat mengenai pancasila.Dalam hal ini,sebuah penafsiran pancasila di katakana sehat sejauh penafsiran tersebut bertolak dari rumusan dan isi pancasila sebagaimana tercantum dalam naskah pembukaan UUD 1945.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar